Kesehatan

5 Buah Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Buah-buahan sangat penting bagi kesehatan tubuh, di dalam buah-buahan mengandung banyak vitamin dan zat-zat yang baik untuk tubuh. Khasiat buah sangat beragam mulai dari untuk kecantikan kulit, mencegah kanker, kaya dengan antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain-lain. Berikut 10 jenis buah paling bermanfaat bagi kesehatan.

1. Jeruk Nipis


Air dari jeruk nipis dapat digunakan sebagai penyedap masakan juga dapat digunakan sebagai minuman yang siap membuat anda merasakan kesegarannya. Jeruk nipis mengandung berbagai macam zat diantaranya adalah limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Seain itu juga mengandung synephrine dan N-methyltyramine, kalsium, fosfor, zat besi, asam sitrat, besi dan vitamin A, B1, dan C.

Beberapa manfaat dari jeruk nipis diantaranya adalah untuk mengobati ambeien, amandel, anyang-anyangan, batuk, influenza, mengatasi bau badan tidak sedap, batu ginjal, difteri, haid tidak teratur, mengatasi jerawat, mencegah rambut rontok dan melebatkan rambut, mengatasi ketombe, vertigo, menyembuhkan radang tenggorokan, melangsingkan berat badan dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.

2. Manggis

Buah manggis dengan pohon sejenis pohon hijau dari daerah tropika, tanaman ini diyakini berasal dari nusantara. Tanaman manggis dapat tumbuh mencapai 7 sampai 25 meter. Buah dari manggis berwarna merah keunguan dengan daging buah berwarna putih. Buah manggis dikenal sebagai raja buah karena khasiatnya sebagai anti-inflamasi dan antioksidan.

3. Stroberi

Buah Stroberi kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mengurangi efek penuaan contohnya kulit kering, kasar serta keriput. Buah ini juga mengandung asam ellagic yang bermanfaat untuk melindungi serat elastis, sehingga menjaga kulit anda tetap elastis, kencang serta mampu melawan enzim perusak kulit.

4. Jeruk

Buah jeruk merupakan buah yang lezat dengan kandungan gizi yang banyak. Rasa buah jeruk sangat digemari oleh masyarakat berbagai penjuru dunia. Buah jeruk memliki rasa yang enak dan didalam buah jeruk banyak memberikan manfaat untuk kesehatan. Mineral dan serat makanan (non – pati polisakarida) yang penting untuk pertumbuhan normal dan pengembangan dan keseluruhan nutrisi terdapat didalam buah jeruk.

Buah jeruk kaya akan antioksidan, mineral juga menyediakan banyak vitamin seperti C, B, B2, P, dan provitamin A. Selain menurunkan berat badan buah jeruk juga membantu dalam mengurangi risiko penyakit kronis, Dimana, pedoman diet yang tepat dan rekomendasi yang mendorong konsumsi buah jeruk.
 
5. Pepaya

Pepaya merupakan tanaman yang hidup didaerah tropis dengam memiliki sifat obat serta memiliki rasa yang lezat, buah pepaya kaya akan kadar gula serta serat betakaroten. Selain menjadi asupan dengan gizi tinggi buah pepaya juga dapat digunakan untuk tujuan pengobatan. Didalam buah pepaya mengandung senyawa yang disebut papain atau papayotin.


About Irwan Rifani

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.