Family

Hobi Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anda

Kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu nutrisi, stimulasi dan keturunan (genetik). Gen ibu lebih banyak berperan pada kecerdasan anak. Kalau ibunya cerdas, biasanya anaknya juga cerdas.

Andreas Heinz dari Rumah Sakit Universitas Kedokteran Charite Berlin juga menyatakangenetik memiliki peran besar dalam perkembangan kecerdasan. Namun, berbagai penelitian juga membuktikan lingkungan mempengaruhi kecerdasan individu.

Para ilmuwan membuktikan juga belajar hal baru membuat kita lebih cerdas. Entrepreneurmembuat daftar hobi yang membuat Anda lebih cerdas.

1. Bermain musik

Bermain Musik meningkatkan kreativitas, keahlian analisis, kemampuan berbahasa dan matematika.

Sebuah penelitian menyebutkan anak yang belajar bermain musik di bawah tujuh tahun memiliki pertumbuhan motorik yang lebih cepat. Latihan Musik juga dapat membantu lebih fokus, mengendalikan emosi dan mengurangi kecemasan, seperti dilansir CNN Indonesia.

2. Membaca

Anda suka membaca novel, biografi, majalah atau koran, manfaatnya sama. Membaca bisa mengurangi stres, mendapatkan pengetahuan baru, meingkatkan daya ingat, kemapuan analisis lebih tajam dan meningkatkan kemampuan menulis.

Selain itu, Huffington Post menulis, membaca buku bisa membuat tidur lebih nyenyak. Anda juga lebih empati dan mencegah depresi.

3. Olahraga rutin

Rutin berolahraga bisa membuat Anda bugar, sehat dan cerdas. Dengan olahraga bisa memacu hormon Brain Derived Neurotropic Factor (BDNF) yang merangsang pertumbuhan sel otak. BDNF membantu kemampuan mengingat, konsentrasi dan memahami suatu hal.

4. Belajar bahasa baru

Sebuah penelitian mengungkap orang yang menguasai lebih dari satu bahasa lebih hebat memecahkan puzzle dari orang yang hanya bisa satu bahasa. Orang yang menguasai banyak bahasa juga lebih jago menulis, berbicara dan mengerjakan banyak hal.

5. Mengisi teka-teki silang

Rajinlah melatih otak dengan mengisi teka-teki silang, sudoku, bermain catur, bermain video game, bermain kartu, karena semua hal tersebut meningkatkan kemampuan otak.

About Irwan Rifani

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.