Kuliner

Makanan Enak dan Hemat Ala Anak Kos

Fase merantau mungkin tidak dialami oleh semua orang. Hanya beberapa saja yang merasakan pahit manis, jatuh bangun, susah senang hidup jauh dari orang tua demi belajar hidup mandiri dan bisa bersosialisasi lebih baik dengan orang-orang di sekitar. Terutama para mahasiswa perantau, kehidupan anak kos pasti lekat dengan keseharian mereka.

Tak jarang untuk urusan makanan, mereka sudah fasih untuk puasa setiap hari, mengikuti seminar gratis demi sekotak snack atau makan berat, dan berusaha menjadi student staff demi mendapat tambahan uang makan. Karena itulah, sepuluh makanan ini pasti dikenal dekat dan akrab dengan kehidupan anak kos.

1. Energen

Tidak bisa dipungkiri bahwa Energen juga salah satu makanan yang akrab dengan anak kos. Memang bentuknya bukan makanan, tapi fungsinya jangan diremehkan. Meski hanya dalam bentukan minuman susu dengan tambahan sereal, segelas energen bisa mengganjal perut-perut anak kos yang keroncongan dengan tetap memberikan gizi untuk tubuh serta keramahan pada kantong.

2. Nasi Rames

Yang satu ini juga menjadi salah satu makanan favorit para anak kos. Nasi rames sudah menjamin untuk urusan kenyang, gizi terpenuhi, dan yang paling penting tidak membolongi kantong apalagi kalau sudah berada di ujung tanduk saldonya. Di sini menu yang ditawarkan rata-rata menu rumahan, nasinya ambil sendiri dan harganya relatif murah. Satu porsi makan dengan nasi dan dua lauk serta minum harganya sekitar Rp 10.000,00. Lumayan ramah untuk dompet bukan?

3. Sarden

Sarden juga menjadi makanan alternatif penyelamat perut anak kos disaat kelaparan dan sikap mager (baca: malas gerak) ke warung makan menyerang. Sarden kalengan ini cukup mudah didapat, harganya relatif murah, dan bisa digunakan sekitar 2 sampai 3 kali makan. Jadi sekali beli untuk beberapa kali makan pun bisa selama penyimpanannya berada di dalam kulkas.
 
4. Kornet

Meski berstatus sebagai anak kos, tak lantas membuat mereka harus kehilangan gizi protein hewani yang cukup. Sehingga dijualnya kornet dalam bentuk sachet kini merupakan pahlawan bagi anak kos yang (merasa dan dirasa) kekurangan gizi. Selain harganya yang murah, penyajiannya termasuk mudah dan mendapatkannya pun hanya tinggal ke warung-warung atau toko kecil dekat kos-kosan.

5. Penyetan

Pernah jajan di warung dekat kos yang menyediakan menu penyetan? Terutama bagi penyuka pedas, makanan ini bagaikan penolong dan malaikat. Penolong bagi saku karena harganya tidak begitu mahal dan malaikat karena menunya yang nikmat serba pakai cabai. Mau pakai berapa banyak cabai pun harga yang dikenakan sama saja. Surga sekali, bukan?

6. Soto

Menu yang ini lebih sering dijual saat pagi hari. Merupakan salah satu alternatif makanan anak kos bagi mereka yang mempunyai dana yang cukup minim tapi ingin mendapatkan kepuasan dalam bentuk kenyang dan murah. Soto menjadi makanan favorit yang enak dan harganya pun relatif murah. Gizinya hampir semua terpenuhi. Gimana nggak menggiurkan anak kos?
 
7. Bubur Ayam
Terutama pada saat pagi menjelang siang, bubur ayam menjadi alternatif lain bagi para anak kos yang butuh kenyang dengan pengorbanan yang relatif sedikit. Karena dibuat dari nasi dan air, makanan ini cukup mengganjal perut serta cukup menyenangkan dengan taburan ayam, cakwe, kacang kedelai, dan daun bawang yang disiram dengan kuah lezat.
 
8. Nasi Goreng
 
Mau buat sendiri atau jajan dekat kos, menu ini menjadi andalan bagi para anak kos. Mengapa? Karena selain rasanya yang pasti enak, olahan nasi ini pasti mengenyangkan. Apalagi di Indonesia, nasi goreng seakan menjadi menu wajib di semua warung makan yang buka di sekitaran kampus dan kos-kosan.

9. Roti
Nah, ini adalah alternatif lainnya bagi anak kos kelaparan yang berada di tanggal tua dengan saldo tabungan mungkin di bawah limit yang disarankan. Selain harganya yang murah dan mudah didapatkan, roti memiliki variasi aneka rasa serta lumayan mengganjal perut. Sehingga tidak ada lagi keroncongan selama kuliah atau kerja berlangsung.

10. Mie Instan

Yak! Siapa sih yang tidak tergoda dengan makanan satu ini? Seharga Rp 2.500,00 sudah bisa merasakan berbagai cita rasa nusantara lewat sebungkus mie. Mie instan terkenal murah dan mudah didapatkan. Sehingga tak heran apabila mie instan selalu menjadi penyelamat anak kos untuk bertahan hidup di tanggal tua.

About Irwan Rifani

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.