Kuliner

Nasi Khas Indonesia Yang Bikin Lapar

Indonesia kaya akan beragam jenis kuliner. Hal ini didukung oleh kekayaan rempah-rempah yang bisa ditemukan di negeri ini. Salah satu masakan yang memiliki banyak variasi adalah penyajian nasi khas Indonesia. Di setiap daerah, kita bisa menemukan macam-macam jenis nasi seperti berikut ini.

1. Nasi Uduk


Nasi uduk berbahan dasar beras yang diolah menggunakan santan. Agar lebih nikmat, nasi uduk diberi bumbu seperti pala, jahe, dan sebagainya. Untuk penyajian, nasi uduk biasanya disajikan dengan tahu goreng, abon, kering tempe, dan irisan telur dadar. Kita biasa menemukan makanan ini pada saat sarapan.

2. Nasi Gandul


Nasi gandul adalah masakan nasi khas Indonesia khususnya daerah Pati, Jawa Tengah. Kita bisa menemukan masakan ini dengan mudah hampir di setiap sudut kota Pati. Lauk yang disajikan bersama nasi gandul adalah tempe, lidah sapi, usus sapi, pergedel, dan sebagainya. Rasanya manis dan pedas. Jika ingin mengonsumsi nasi gandul, jangan lupa menakar porsinya ya karena hampir semua berasal dari jeroan sapi.

3. Nasi Kebuli

Untuk memasak nasi kebuli, dibutuhkan campuran kaldu daging kambing dan susu kambing. Penyajiannya pun dilengkapi dengan daging kambing yang telah digoreng serta tambahan kurma atau kismis. Meskipun dipengaruhi oleh kebudayaan Timur Tengah, nasi kebuli bisa ditemukan di kalangan masyarakat Betawi.

4. Nasi Jamblang

Masakan nasi khas Indonesia selanjutnya berasal dari Cirebon. Nasi ini biasa disebut nasi jamblang. Nasi Jamblang disajikan dengan menggunakan daun jati sehingga rasanya sungguh berbeda.

5. Nasi Grombyang
Bila datang ke Pemalang, Jawa Tengah, jangan lupa mencicipi masakan nasi khas Indonesia yang disebut nasi grombyang. Nasi grombyang adalah nasi yang disajikan dimana jumlah kuahnya lebih banyak daripada isinya. Oleh karena itu, saat disajikan, nasi grombyang akan terlihat grombyang-grombyang alias bergoyang-goyang.


About Irwan Rifani

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.