Lifestyle

8 Model Rumah Minimalis Dari Berbagai Wilayah di Dunia

Gaya minimalis merupakan salah satu gaya yang paling populer dalam dunia arsitektur. Biasanya, gaya ini mudah ditemukan pada bangunan rumah. Gaya minimalis pada awalnya dikembangkan pada abad ke-19 di New York dan London. Namun, gaya ini kemudian populer di berbagai belahan dunia. Mau tahu seperti apa model rumah minimalis dari berbagai wilayah di dunia? Simak uraiannya berikut ini!

1. Rumah Minimalis Gaya Amerika

Rumah minimalis ini mengadopsi gaya rumah tradisional Amerika. Gaya Amerika nampak pada tekstur dan warna dinding di rumah ini. Selain itu, pilar-pilar di rumah ini juga berasal dari gaya Amerika. Sementara itu, ukuran jendela yang cukup besar pada rumah ini memperlihatkan gaya minimalis. Di bagian depan rumah, nampak teras yang cukup luas dan nyaman untuk bersantai.

2. Rumah Minimalis Gaya Bali

Kepopuleran gaya minimalis ternyata tidak hanya ada di luar negeri. Di Indonesia, gaya minimalis dapat dipadukan dengan gaya tradisional, salah satunya Bali. Dari gambar di atas, bisa tebak bagian mana yang diadaptasi dari gaya Bali? Tepat! Bagian atapnya memang terlihat sangat khas Bali. Gaya Bali juga terdapat pada lampu yang menempel di kedua pilar pada bagian teras. Sementara itu, kekhasan minimalis terlihat pada ukuran jendela rumah yang tinggi dan lebar. Ukuran jendela tersebut disamakan dengan ukuran pintu.

3. Rumah Minimalis Gaya Eropa

Model rumah minimalis yang satu ini memadukan gaya Eropa dengan gaya modern. Penggunaan warna putih membuat rumah minimalis ini nampak elegan. Sementara itu, gaya Eropa sangat terlihat pada bangunan rumah yang megah dan tinggi. Bagian atap rumah ini juga mirip seperti atap rumah tradisional di Eropa. 

4. Rumah Minimalis Gaya Jawa

Selain Bali, budaya lain yang juga diadaptasi pada rumah minimalis ialah budaya Jawa. Kekhasan Jawa sangat nampak pada atap Joglo di model rumah ini. Selain itu, terlihat juga tiang soko yang menjadi khas rumah adat Jawa. Sementara itu, gaya minimalis terlihat pada unsur modern di rumah ini. Misalnya saja seperti pada penggunaan lantai halaman rumah. Gaya minimalis juga terlihat pada batu alam sebagian dinding serta pagar rumah.

5. Rumah Minimalis Gaya Jepang

Model rumah minimalis ini terpengaruh oleh arsitektur Jepang. Gaya Jepang sangat terlihat pada bentuk atap, jendela, serta warna dinding. Pada bagian depan, terlihat taman kecil yang menjadi ciri khas rumah Jepang. Sementara itu, struktur rumah ini mengadaptasi gaya minimalis. Secara keseluruhan, model rumah ini sangat memperlihatkan perpaduan unsur tradisional dan modern.

6. Rumah Minimalis Modern Ala Korea 

Meskipun tidak memiliki unsur tradisional, rumah minimalis ini berasal dari Korea. Model rumah ini sangatlah unik. Terdapat tiga bagian bangunan. Pada bagian paling kiri, lantai pertamanya dijadikan sebagai carport. Sementara itu pada bagian tengah, lantai atasnya dijadikan sebagai bagian atap yang terbuka (rooftop). Pada bagian paling kanan, kedua lantai digunakan untuk ruangan yang tertutup. Perpaduan warna putih dan orange pada rumah ini juga menampilkan kesan warna cerah.

7. Rumah Minimalis Gaya Timur Tengah

Tanpa harus menebak, pastinya kita sudah tahu dari mana rumah minimalis ini berasal. Benar, model rumah minimalis ini terpengaruh oleh gaya Timur Tengah. Ciri khas Timur Tengah sangat terlihat pada bentuk lengkungan setengah lingkaran. Di rumah ini, bentuk tersebut dapat terlihat pada bagian depan dinding. Selain bentuk lengkungan, gaya Timut Tengah juga nampak pada kubah yang terletak di bagian kanan atas rumah. Sementara itu, gaya minimalis nampak pada pemilihan warna netral di dinding rumah ini. 

8. Rumah Minimalis Gaya Spanyol 

Model rumah minimalis ini mengadopsi gaya dari Spanyol. Tidak heran, ketika melihatnya kita akan teringat pada rumah-rumah di Barcelona. Gaya khas Spanyol sangat nampak pada penggunaan balkon di setiap jendela. Balkon tersebut juga memiliki motif khas Spanyol. Sementara itu, keminimalisan rumah ini nampak pada penggunaan warna putih dan krem. Kedua warna ini mencerminkan warna yang sederhana dan cocok untuk dipadukan.

About Irwan Rifani

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.