Bisnis

Solusi Aman Jual Beli Rumah Online yang Wajib Diketahui

xKopi - Tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang harus terpenuhi. Bagaimana pun juga, kebutuhan akan tempat tinggal selalu ada karena pertambahan populasi penduduk. Bisnis properti juga semakin jalan karenanya. Jual beli rumah online adalah media yang menguntungkan bagi setiap pebisnis properti ataupun individu yang memang menjual rumah.

Selain itu, pihak pembeli rumah akan dimudahkan melalui sistem jual beli online. Prosesnya yang cepat dengan beragam pilihan rumah beserta spesifikasinya dapat memudahkan pembeli dalam memilih rumah. Sesudah mempunyai beberapa alternatif pilihan, pembeli tinggal survei ke lokasi. Meski demikian, pihak pembeli harus memperhatikan hal berikut agar aman.


1.    Memilih Broker dengan Kredibilitas Tinggi

Kredibilitas broker merupakan hal yang harus diperhitungkan. Tujuannya agar Anda benar-benar bisa mendapatkan rumah yang berkualitas dan proses jual belinya sesuai dengan prosedur yang legal. Ketika membeli secara online, maka pilihlah situs yang terpercaya. Perhatikan penawaran rumah yang disediakan. Lihat spesifikasi dan foto rumahnya.

Usahakan sudah tersedia definisi produk lewat spesifikasi yang disertai dengan gambar rumah. Cermati kondisi rumah, spesifikasi, serta kelengkapan dokumennya. Pilihlah penawaran dari broker terpercaya yang menyertakan kelengkapan surat-surat legal. Anda bisa memilih beberapa alternatif pilihan dan agendakan untuk survei ke lokasi.

2.    Memeriksa Kondisi Rumah Secara Langsung

Demi mendapatkan tempat tinggal aman dan nyaman, maka survei ke lokasi rumah yang diminati tentu harus dilakukan. Tujuannya untuk melihat kondisi rumah secara nyata dan bisa menentukan pilihan rumah yang tepat. Gambar rumah yang disertakan dalam situs jual beli rumah tentu saja terbatas dan belum tentu benar secata keseluruhan.

Anda juga bisa bertemu dengan broker secara langsung dan menanyakan hal apa saja yang hendak ditanyakan seputar rumah. Saat melakukan survei, Anda harus memperhatikan keseluruhan kondisi rumah secara cermat. Pilihlah rumah yang masih terawat dan layak huni. Usahakan tidak ada kerusakan karena akan menambah biaya perbaikan.

Tips kedua ini memang akan sedikit menuntut usaha dari Anda sebagai calon pembeli. Namun jelas bahwa usaha ini tentu saja akan sangat menguntungkan Anda dan menghindarkan Anda dari penyesalan di kemudian hari. 


3.    Menyesuaikan antara Spesifikasi di Web dengan Kondisi Sebenarnya

Dalam penawaran rumah di sebuah situs online yang terpercaya, tentu disediakan spesifikasi rumah secara detail. Akan tetapi, periksalah kebenaran atau kesesuaian antara spesifikasi yang ditampilkan dengan kondisi sebenarnya agar tidak tertipu. Untuk menyesuaikannya, Anda juga perlu melakukannya melalui survei.

Saat mengadakan survei, Anda bisa memperhatikan setiap hal yang ada di dalam dan luar rumah. Selain itu, perhatikan keamanan lingkungan sekitar, akses transportasinya, serta ketersediaan fasilitas umum di sekitarnya. Beberapa hal ini penting karena lokasi rumah yang strategis dan aman merupakan suatu kenyamanan yang harus ada demi kelancaran aktivitas.

4.    Memeriksa Kelengkapan Dokumen Secara Langsung

Kelengkapan dokumen sangat penting untuk diketahui agar kepemilikan rumah bisa dilakukan secara legal sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen bisa dilakukan secara online dengan melihat rincian dalam spesifikasi rumah yang ditawarkan dalam situs online.

Usahakan memilih rumah yang menyertakan kelengkapan dokumen. Setelah tercatat lengkap, Anda bisa meninjau ke lokasinya langsung untuk memastikan keaslian dokumen tersebut ataupun meminta foto dokumen. Setelah memeriksanya dengan benar, maka Anda bisa melanjutkan transaksi.

Pihak penjual dan pembeli pada akhirnya juga akan bertemu langsung guna menyelesaikan transaksi dengan pengurusan surat-surat dalam transaksi jual beli. Selain harus menyertakan sertifikat rumah, dokumen lain juga dibutuhkan guna memroses kegiatan jual beli rumah sampai pada penandatanganan akta jual beli (AJB).


5.    Jangan Tergiur Harga Rumah Murah

Harga jual dari suatu produk tentu saja mempunyai alasan atas penetapan harga tersebut. oleh karena itu, Anda harus mengetahui harga tanah dan bangunan secara pasti dalam wilayah rumah yang Anda minati. Periksalah kesesuaian harga jual rumah dengan kondisi rumah, harga pasar, dan kemampuan finansial.

Penyesuaian ini harus dilakukan agar mampu mendapatkan tempat tinggal yang berkualitas dan sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Anda juga harus memperhatikan harga jual rumah yang murah, bahkan lebih rendah dari harga pasar dalam daerah tersebut. Anda harus jeli melihat harga jualnya.

Untuk itu, telusuri penyebab mengapa harganya murah karena ditakutkan ada sesuatu yang disembunyikan oleh pihak broker atau penjualnya. Sebagai contoh, rumah yang ditawarkan sudah mengalami kerusakan atau termasuk rumah tua, sehingga harganya diturunkan agar cepat laku. Jika demikian, maka Anda akan menerima kerugian.

Itulah beberapa solusi aman bagi Anda agar mendapatkan hunian yang layak secara legal. Jangan sampai Anda tergiur dengan kelebihan yang ditawarkan di situs jual beli rumah online. Anda harus memeriksa kesesuaiannya dengan datang ke beberapa lokasi rumah yang menjadi alternatif pilihan. Upayakan yang terbaik untuk hunian aman dan nyaman Anda.

About Irwan Rifani

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.