Berita

Pendekatan Bentang Alam yang Dilakukan APRIL Pulp


xKopi - Riau adalah sebuah provinsi yang memiliki tanah gambut. Salah satu kota disana, yaitu: semenanjung Kampar dikatakan sebagai salah satu ekosistem rawa gambut terluas di Sumatra yang menghadapi tantangan degradasi lingkungan akibat pembakaran, pembalakan liar (illegal logging) serta sistem drainase yang berlebihan. Oleh karena itu,  APRIL Pulp menerapkan sebuah penerapan teknologi pada pengolaan HTI dengan pendekatan bentang alam dan mitigasi emisi gas rumah kaca (EGK) yang mana dinilai sulit. 

Dibentuk sebuah Tim MRV untuk memantau dan memverifikasi dampak penerapan teknologi ekohidro di areal PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), anak perusahaan dari APRIL grup ini, terhadap kualitas ekosistem lahan gambut Semenanjung Kampar. Kegiatan MRV dilakukan selama satu siklus penanaman Acacia crassicarpa (2009-2014). Anggota tim MRV telah menyepakati pengelolaan yang dilakukan RAPP merupakan praktik terbaik pengelolaan HTI berkelanjutan di lahan gambut dan harus menjadi acuan bagi unit manajemen sektor kehutanan lainnya.  

Selain itu, Presiden Direktur RAPP mengatakan bahwa dengan pendekatan bentang alam, pihaknya juga melakukan kajian hutan bernilai konservasi tinggi untuk perlindungan keanekaragaman hayati di areal HTI yang dikelola. Hingga sampai saat ini tercatat setidaknya 250.000 hektare (ha) areal yang dikelola RAPP dipertahankan untuk berfungsi sebagai konservasi. Dalam hal ini mereka optimistis dalam pengelolaan hutan yang bertanggung jawab dapat membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia, dengan membantu masyarakat lokal meningkatkan kualitas kehidupan mereka. Ia menambahkan bahwa percaya praktik kehutanan yang bertanggung jawab telah dan akan terus memberikan kontribusi positif bagi masa depan bangsa Indonesia.  

Pemanfaatan hutan gambut harus menerapkan pendekatan bentang alam untuk menjaga kelestariannya dan mempertahankan kemampuannya dalam menyerap dan menyimpan karbon. Ditambah ekosistem hutan gambut seperti di Semenanjung Kampar berfungsi penting untuk pelestarian sumber daya air, pendukung keanekaramanan hayati, dan pengendali iklim. Kawasan itu juga berperan penting secara sosial, ekonomi, dan budaya. Pendekatan bentang alam memastikan pengelolaan hutan gambut dilaksanakan secara berkelanjutan dan terintegrasi dalam satu kesatuan ekosistem. 

Di sisi lain, APRIL Pulp percaya terdapat manfaat bisnis yang kuat untuk konservasi lahan gambut dan restorasi sebagai bagian dari model kehutanan yang berkelanjutan. Dari bagian dari lanskap yang ada dan mereka menyesuaikan dengan kondisi bentang alam, daripada mengharapkan lanskap agar sesuai di sekitar bisnisnya. Ini juga berarti bahwa mereka perlu untuk berkolaborasi dengan semua pihak dalam bentang alam dan mengakomodasi semua kepentingan. 

RER sendiri adalah sebuah program jangka panjang dengan tujuan memulihkan lanskap lahan gambut yang penting secara ekologis di Semenanjung Kampar di Provinsi Riau, Indonesia. Mereka menitikberatkan kepada kolaborasi dan pendekatan bentang alam yang mengakomodir di berbagai perspetif untuk mencapai keseimbangan antara banyak tujuan mulai dari lingkungan hingga masyarakat sampai ke ekonomi. Dan berikut pendekatan bentang alam yang dilakukan APRIL Pulp.

About Irwan Rifani

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.