Family

4 Jenis Biaya yang Harus Dipersiapkan Selain Biaya Persalinan Normal

xKopi - Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya lahir dengan normal dan lancar, terutama orang tua baru yang sedang menanti kehadiran buah hati pertama mereka. Oleh karena itu, berbagai persiapannya harus diketahui, termasuk biaya persalinan normal dan biaya-biaya lain yang menyertainya. Bagi Anda yang masih awam, berikut 5 ulasan jenis biaya tambahannya. 


1. Cek atau Deteksi Kehamilan  

Setiap wanita yang terindikasi hamil biasanya sudah merasakan tanda-tandanya meski tanpa melakukan berbagai tes atau cek untuk mendeteksi kehamilannua. Bisa dari morning sick, cepat merasa lelah, sampai pingsan. Tapi, akan lebih baik jika memastikannya secara medis agar memperoleh kepastian dan Anda bisa lebih menjaga diri dan janin Anda. 

Untuk cek ke dokter kandungan di klinik atau rumah sakit, biasanya membutuhkan biaya sekitar Rp350 ribu. Biaya ini sudah termasuk USG atau ultrasonografi dan vitamin. Sedangkan untuk cek ke bidan, biayanya tidak lebih dari Rp50 ribu. Tapi, jika Anda ingin lebih dulu mengecek sendiri di rumah, maka bisa menggunakan Test Pack Rp 30 ribu yang bisa diperoleh di apotek atau rumah sakit. 

2. Cek Rutin Bulanan 

Cek kehamilan bulanan ini sebenarnya bisa dilakukan 2 bulan sekali. Tapi, sangat disarankan untuk melakukannya sebulan sekali agar kondisi kehamilan, terutama gangguan atau kelainan yang terjadi pada kehamilan Anda bisa terdeteksi sedini mungkin. Biaya cek rutin bulanan ini mencakup USG saja, yaitu sekitar Rp350 ribu. 

3. Asupan Bernutrisi Double Manfaat 

Biaya ketiga ini sebenarnya berupa makanan yang sudah umum dikonsumsi Anda dan keluarga setiap harinya. Tapi, berhubung kondisi Anda yang kini berbadan dua, maka butuh nutrisi lebih, yaitu untuk Anda sebagai ibu hamil serta dan janin dalam kandungan Anda. 

Asupan bernutrisi ini mencakup makanan berserat dan sehat seperti nasi dari beras merah, daging, sayuran, buah-buahan, hingga susu ibu hamil. Lengkapi juga dengan vitamin dari dokter atau bidan. Vitamin ini biasanya memiliki kandungan yang berfungsi menguatkan fisik ibu hamil. Selain itu, biaya susu formula untuk bayi juga perlu Anda pertimbangkan. 

Terutama jika kondisi Anda tidak memungkinkan untuk memberi ASI eksklusif. Jika Anak Anda tidak suka ASI melalui puting secara langsung, Anda tetap perlu memberikan ASI. Caranya yaitu dengan memasukkannya ke dalam botol atau dot melalui pompa ASI yang harganya Rp20 ribuan untuk manual dan Rp700 ribu-an untuk yang elektrik (sudah termasuk botol dan dotnya). 

4. Perlengkapan Bayi Baru Lahir  

Banyak biaya yang dikeluarkan untuk membeli berbagai perlengkapan bayi ini. Dari peralatan tidur seperi bantal, guling, perlak, selimut, tudung bayi antinyamuk, sampai popok, bedong, dan gurita. Anda juga perlu membeli banyak pakaian bayi, sarung tangan dan kaki. 

Selain itu, jika Anda termasuk tipe orang yang banyak mengubah posisi saat tidur, sebaiknya beli tempat tidur bayi. Anda bisa memberi ASI di tempat tidur Anda, tapi setelah bayi Anda tertidur, segera pindahkan ke tempat tidurnya sendiri. Tempat tidur bayi ini bisa Anda tempatkan di sisi tempat tidur Anda agat lebih mudah meraihnya saat bayi menangis. Biaya keempat ini sekitar Rp3 juta. 

Biaya-biaya yang menyertai biaya persalinan normal di atas bersifat fleksibel. Artinya, tiap rumah sakit bisa memberlakukan tarif atau biaya yang berbeda, bisa lebih murah atau lebih mahal. Jika kartu BPJS Anda hanya memfasilitasi kelas 2 atau 3, sedangkan Anda ingin kelas1, tentu butuh dana lebih. Nah, Anda bisa mengandalkan pinjaman cepat cair tanpa agunan dan kartu kredit dari dana Tunaiku.

About Irwan Rifani

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.