Informasi

Apa Saja Sih Jenis-Jenis Fitting pada Pipa? Yuk, Simak

xKopi - Fitting pipa tentunya terbagi dalam berbagai jenis dimana proses penyambungan akan sangat berperan penting dalam sebuah sistem instalasi. Sambungan merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi untuk merubah, menyebarkan, memperkecil maupun membesarkan saluran air Adapun jenis dari fitting Antara lain adalah.


1. Fitting Elbow

Jenis fitting yang pertama adalah elbow, elbow mweupakan komponen instalasi pemipaan yang bertujuan untuk membelokan arah aliran. Elbow sendiri pada umumnya terdiri dari 2 jenis yaitu 45 dan 90 derajat. Sedangkan untuk tipe, elnow tersedia dalam tipe long radius dan short radius.

Pada umumnya diameter masukan dan keluaran elbow memiliki diameter yang sama, meskipum ada juga yang memliki ukuran yang berbeda yang sering disebut dengan reducing elbow. Selain itu, ada salah satu komponen fitting yang memiliki fungsi dan konsep mirip dengan elbow yang sering disebut dengan miter.  

2. Fitting Tee

Fitting tee merupakan jenis fitting yang bertugas untuk membagi aliran air yang merupakan koneksi fitting yang memiliki cabang. Pada umumnya cabang fitting pipa tee memiliki ukuran yang sama dnegan pipa utamanya yang sering disebut dengan straight tee. Sedangkan untuk pipa beda ukuran dikenal dengan nama reducting tee.

Tee sendiri sebenarnya jenis fitting pipa yang berbentuk menyerupai huruf T sehingga diberinama tee. Pada umumnya tee biasanya  yang dianalogikan sebagai pertigaan. Pertigaan identik dengan sudut 90 derajat, sebenarnya tee sendiri juga memiliki jenis  tidak tegak lurus yang menyerupai suduit 45 derajat, dikenal dengan lateral tee.

3. Fitting Reducer

Sesuai dengan mananya, fitting reducer jenis ini tentunya berfungsi untuk mengurangi aliran fluida. Maksud dari mengurangi aliran fluida adalah mengurangi ukuran pipa. Jadi, reducer ini berfungsi untuk menggabungkan dua jenis pipa yang memiliki diameter yang berbeda. 

4. Fitting Stub-in

Fitting stub-in merupakan jenis fitting yang mmiliki fungsi dan konsep mirip dengan tee yaitu membagi aliran air. Perbedaanya adalah tee merupakan item yang terpisah seedangan stub-in merupakan pencabangan langsung dari pipa utaman yang berfungsi untuk menggantikan reducing tee.

Nah, itulah beberapa jenis fitting pada pipa yang perlu Anda ketahui. Sebelum melakukan fitting pada pipa, pastikan Anda mempelajari terlebih dahulu apakah sambungan pipa yang akan Anda buat bersifat permanen atau tidak. Selain jenis-jenisnya, Anda juga perlu tahu bagaimana cara penyambungan pada pipa. Caranya bukan cuma satu lho, Inilah Beberapa Cara Penyambungan Fitting pada Pipa.

About Irwan Rifani

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.