Informasi

Bisnis di Tahun 2019 : Lulus Kuliah 2019, Jadi Pengusaha Saja!

xKopi - Cita-cita menjadi seorang pegawai tak lagi dilirik kaum Millenial dewasa ini. Ya, anak kuliah memang lebih suka jenis pekerjaan yang fleksibel dan bisa dikerjakan di mana dan kapanpun. Salah satu mimpi anak kuliah jaman sekarang adalah memiliki usaha sendiri. Harapan besar memiliki bisnis di tahun 2019 bisa diwujudkan secara nyata. Bagaimana cara menjadi seorang pebisnis muda setelah lulus kuliah? 

Bisnis di Tahun 2019

Mulai memikirkan rencana bisnis tahun 2019  

Bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa atau bakal lulus kuliah, sebaiknya mulai pertimbangkan memiliki bisnis sendiri. Ada banyak peluang wirausaha yang bisa Anda lakukan di era digital saat ini. Dengan kemudahan online, Anda bisa menjual berbagai produk ke publik lebih mudah dan praktis.  

Ya, Anda bisa mulai berpikir besar untuk memulai sebuah usaha. Kalau Anda berpikir bahwa sebuah usaha membutuhkan modal besar, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Menjadi pemilik pusat grosir online dimulai dengan langkah kecil dulu. Anda perlu menyiapkan rencana bisnis yang baik mulai menentukan target pasar, strategi pemasaran yang baik, modal yang dibutuhkan hingga realisasi menjalankan usaha.  

Memasuki lingkungan wirausaha 

Sebagai seorang yang baru lulus kuliah aliash fresh graduate, Anda membutuhkan banyak hal untuk dipelajari menjadi seorang wirausaha. Tentu tidak akan mudah langsung terjun ke dunia bisnis tanpa belajar kepada orang yang lebih berpengalaman dulu. Apalagi kalau Anda memang berniat menjalankan bisnis usaha lebih besar yaitu B2B dibandingkan B2C, sebaiknya perbaiki skill entrepreneur Anda.  

Anda bisa meningkatkan komunikasi dan memperluas jaringan agar bisa lebih berbaur dengan para senior di bidang yang hendak digeluti. Mentor akan membantu Anda menjalankan sebuah usaha termasuk memberikan tips atau trik agar usaha bisa lebih maju lagi. Tak ada salahnya Anda juga mengikuti banyak seminar atau workshop mengenai dunia wirausaha khususnya menaklukkkan B2B marketplace saat ini.  

Mencoba terjun ke pekerjaan kantoran  

Sebagai seorang pemula di dunia bisnis, sebaiknya Anda tidak menutup diri dari pekerjaan kantoran lho! Anda bisa menambah pengalaman dengan mencoba bekerja di bisnis orang lain. Hal ini juga bisa memberikan wawasan luas kepada Anda mengenai cara mengelola sebuah usaha. Jika Anda bekerja di distributor online, amati bagaimana sistem pemasaran yang benar hingga bisa diterapkan pada bisnis Anda kelak.  

Anda bisa pula mencoba menjalankan sebuah bisnis sebagai fokus kedua selain pekerjaan kantoran yang tengah dijalani. Hal ini berlaku untuk para pemula yang mungkin masih merasa belum siap secara mental dan finansial. Toh, Anda tetap bisa memberikan perhatian pada bisnis yang dirintis tanpa meninggalkan pekerjaan utama. Anda jelas tetap membutuhkan suntikan dana untuk menjalani kehidupan sehari-hari, bukan?  

Cara ini dianggap lebih baik dibandingkan memulai sebuah usaha dari nol. Pasalnya, Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan sebelum meraih untung dari sebuah usaha. Tentu dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan agar bisa memberikan hasil maksimal baik untuk usaha atau pekerjaan di kantor. Jangan sampai Anda lalai dengan pekerjaan yang diberikan kantor hingga berdampak pada hal buruk seperti pemecatan ya! 

Jika suatu saat Anda ingin menjadi pengusaha sepenuhnya, bisa memilih resign dari kantor kok. Nah, kalau Anda masih kuliah atau hendak lulus tahun 2019, apa yang akan Anda lakukan nanti? Memikirkan rencana jangka panjang didukung dengan usaha merintis karir sejak dini tentu akan membuahkan hasil yang lebih sempurna. Anda bisa bergabung menjadi seorang pengusaha era digital di Ralali.com sekarang juga!

About Irwan Rifani

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.